Proses KPR Sejahtera FLPP (Repost 2017)

Orang bilang perhitungan saya mengenai uang itu sedikit 'njlimet' (malah menuju kearah kikir menurut saya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ™ˆ) tapi dari semua kenjlimetan itu yang terpenting sih saya gak lupa sama yang namanya kewajiban. iya, ke-wa-ji-ban, hal yang disebut-sebut sebagai "keberanian yang paling purba" sama Mbak Laksmi Pamuntjak.




Kembali ke KPR
 Awalnya iseng-iseng mengajukan KPR, ngikuti jejak kakak perempuan yang juga sedang berjuang mencari rumah.
Malah saya suruh dia saja yang pilihkan letak rumahnya, saya hanya tahu punya dan bayar "yang penting punya" prinsip saya waktu itu (sindromsongongπŸ˜‚) 

Tapi akhirnya saya datang juga memilih rumah yang akan saya cicil selama belasan tahun lamanya.

***
"KPR BTN Subsidi adalah kredit pemilikan rumah  program kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  dengan suku bunga rendah dan cicilan ringan dan tetap sepanjang jangka waktu kredit, terdiri atas KPR untuk pembelian rumah tapak dan rumah susun."


  • WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Telah berusia 21 tahun atau telah menikah
  • Pemohon maupun pasangan (suami/istri) belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah
  • Gaji / penghasilan pokok tidak melebihi :
  • Rp. 4 juta untuk Rumah Sejahtera Tapak
  • Rp. 7 juta untuk Rumah Sejahtera Susun
  • Atau maksimal gaji/penghasilan pokok sesuai ketentuan pemerintah
  • Memiliki masa kerja atau usaha minimal 1 tahun
  • Memiliki NPWP dan SPT Tahunan PPh orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku
  • Menandatangani Surat Pernyataan diatas matera



11 Februari 2017
Setelah melihat-lihat beberapa rumah yang sudah jadi, tanpa pikir panjang saya langsung menyerahkan berkas dan uang booking kepada marketing developer perumahan. Karena pihak developer sudah bekerjasama dengan Bank BTN jadi saya tidak perlu repot-repot pengajuan KPR sendiri ke Bank.
Saya diberi beberapa lampiran yang harus diisi dan ditanda-tangani, seperti data diri dan pasangan (kalo punyaπŸ˜†), data keluarga yang tidak serumah, surat keterangan penghasilan, serta surat keterangan belum memiliki rumah yang di stempel kelurahan domisili saat ini.


02 Maret 2017
Wawancara dengan pihak Bank BTN, Prosesnya tidak diwawancarai satu persatu seperti kebanyakan wawancara KPR lainnya, calon pembeli rumah dikumpulkan dan diberi penjelasan mengenai program KPR BTN Subsidi (rumah tidak boleh disewakan, dijual, dan harus segera diiisi/ditinggali de'el'el) dan sebelum wawancara dianjurkan untuk segera membuka rekening tabungan Bank BTN dengan fasilitas Batara.

08 Maret 2017
Pihak BTN menelepon ke kantor dimana tempat saya bekerja dan berbicara langsung dengan atasan saya, menanyakan masa kerja, posisi, gaji dan lain-lain yang berkaitan dengan pekerjaan yang saya jalani.

20 Maret 2017
Marketing developer memberi kabar bahwa pengajuan KPR saya diterima, kemudian diberikan salinan SP3K (Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit) yang diterbitkan oleh Bank BTN.
Satu minggu kemudian saya melunasi jumlah sisa Down Payment(DP) yang tidak disubsidi oleh pemerintah (pemerintah memberikan bantuan uang muka/DP sebesar 4(empat) juta rupiah kepada para pengaju KPR bersubsidi)

Tanggal surat sama dengan tanggal dimana pihak BTN menelepon ke kantor.
"Pengajuan untuk menerima Bantuan Uang Muka diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 42/PRT/M/2015. Dalam aturan tersebut dikatakan bahwa BUM diberikan kepada MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) yang memiliki Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit (SP3K) KPR Subsidi" -Finance.Detik


13 April 2017
Inilah puncak dari proses pengajuan KPR yang saya lalui dalam dua bulan ini, Akad nikah KPR bersama pihak Bank dihadapan Notaris.
Berkas yang ditanda tangani jumlahnya sangat banyak, termasuk berkas untuk pengurangan pembayaran Down Payment yang akan disubsidi oleh pemerintah. Suwun nggih Pakde.

12 Juli 2017
Setelah listrik dan embel-embelnya terpasang, akhirnya perjuangan saya benar-benar selesai (belum termasuk hutangnya tapi πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚)
Pihak developer juga memberikan satu lembar surat perbaikan rumah yang diisi jika terdapat kerusakan/ketidaksesuaian pada kondisi rumah yang kita beli.

 Rencananya sih setelah satu tahun KPR ini akan saya take over ke Bank Syariah, supaya tenang aman damai sejahtera sehat sentosa dan penuh tenggang rasa πŸ˜‚πŸ˜‡πŸ˜

Inilah penampakan sebidang tanah dan bangunan yang kelak akan saya sebut sebagai rumah dari masa ke masa.
Rumah yang awalnya saya booking dengan yang kini 'hampir' menjadi milik saya tidak sama, bergeser satu nomor a.k.a satu rumah πŸ˜ͺ😀


Yang dicat adalah rumah yg saya booking

Tapi sebelahnya yang saya dapat #Akurapopo
minus-nya adalah selain posisi-nya yang antah berantah, bangunan-nya pun yaa...ala kadarnyaπŸ˜… Namanya juga subsidi, kalau mau mewah ya beli cash tho yaa di kota sana hikhikhik

 
 

yang penting bisa buat 'ngadem' AlhamdulillahπŸ™

Komentar