5 Hal yang ingin dilakukan di Tahun 2019

Day 17


Di setiap penghujung tahun dalam beberapa tahun kebelakang, saya selalu menchallenge diri saya untuk membuat daftar hal-hal yang sudah saya capai dalam satu tahun ini, atau yang akan saya capai di tahun depan atau yang akan datang.
Supaya saya punya arah hidup dan tujuan yang jelas (niatnya gitu)

Tapi pada realitanya adalah hidup saya gitu-gitu aja, hal-hal yang akan saya capai di tahun depan, terus saja di copy untuk tahun-tahun kedepannya lagi. Begitu terus entah sampai kapan. Hahaha
Mungkin hanya beberapa saja hal yang benar-benar bisa dicapai.

Untuk tahun 2019 sendiri, hal-hal yang ingin saya capai kebanyakan bersifat untuk membangun pribadi saya menjadi baik atau lebih baik lagi dari tahun ini dan sebelumnya (ceileh)
(Tapi bukan berarti saya ndak ada minat pada hal yang bersifat kebendaan yaa)



Menujusingset2019

Singset adalah slogan pertama yang ingin saya capai di Tahun 2019. Haha
Singset disini saya artikan bukan hanya sekedar memiliki bentuk jasmani yang proporsional semata, melainkan juga mengurangi pola hidup saya yang jauh atau gak ada sehat-sehatnya selama ini.
Sederhana saja,
Mengurangi makan gorengan dan mie instant,
Atau menambah jam tidur saya yang kelewat malam, contohnya.
Syukur-syukur seminggu sekali saya juga bisa jogging pagi.

Tapi singsetnya gak mau bonus dari upaya hidup yang lumayan sehat itu tadi, melainkan menjadi suatu keharusan. Nah lho!.



MenujuJannah2019

Jannah bukan berarti saya akan mengakhiri hidup saya di tahun 2019 ini yaa (kecuali jika Allah Swt berkehendak) hehe.
Jannah disini dimaksudkan, supaya saya bisa meningkatkan ibadah dalam segi kuantitas maupun kualitasnya.
Supaya lebih banyak lagi memahami makna hidup 'sementara' yang sudah di berikan Tuhan. Duh, berat!

Menikah juga bentuk dari sebuah ibadah (atau malah ibadah yang paling lama) berarti masuk juga di Agenda 2019 kan?
"i said yes" (sambil nerima cincin) *lhoh?




Menujukonsisten2019

Karena saya adalah salah satu manusia yang sangat inkonsisten alias labil jiwanya. Maka konsistensi ini menjadi hal yang harus segera saya rubah mindset-nya di Tahun 2019.
Khususnya dalam mengurus blog dan membaca buku, yang akan saya targetkan menjadi 10 buku setiap tahunnya (10 mah bukan target woi!) 
Ya intinya saya ingin rajin menulis, meski tulisan saya selama ini lebih banyak atau hampir tidak ada faedah-nya.
Saya ingin rajin membaca, meski seringnya saya mudah lupa akan makna dan nilai-nilai di dalam buku yang sudah saya baca. Yang keduanya dimaksudkan untuk pengembangan diri saya supaya 'nampak' ber-wawasan dan ber-nilai saja gitu. Hahaha


MenujuSukses2019

Mengutip definisi sukses dalam postingan blog beberapa tahun yang lalu.
"Sukses berkehidupan bagi sebagian besar manusia adalah mengenai kebendaan(harta), sebagian lain mengatakan sukses itu pencapaian status/prestasi (Jabatan/gelar pendidikan/juara) atau juga terkenal, misal. sebagian lain beranggapan bahwa sukses itu bisa berkeliling dunia dan memetik ilmu (budaya,sejarah, dll) dalam setiap singgahnya, tak sedikit pula yang berkata bahwa sukses juga berupa ilmu keyakinan beragama.. pun ketika sukses memiliki hubungan sosial yang baik antar manusia atau berguna bagi sesamanya..
dan banyak rupa kesuksesan lainya (baik materi/bukan).

Karena saat ini saya sedang dalam proses pengajuan resign di sebuah perusahaan yang baru sekitar setengah tahun ini saya jalani, maka prioritas atau fokus utama saya bergeser menjadi mendapatkan pekerjaan.



MenujuNTT2019

Yang terakhir, supaya saya bisa tetap sehat secara pemikiran, menurut tips sehat ala-ala yang saya buat kemarin.
Saya harus piknik!
Kenapa Nusa Tenggara Timur?
Karena NTT memiliki destinasi yang teramat komplit dengan pemandangan alam epic yang memesona.
Siapa yang tidak tahu Pulau Padar yang 'hits' sebagai tempat foto di penghujung bukit dengan latar kepulauan kecil di sekelilingnya?, Pulau Sumba dengan hamparan perbukitan rumput hijau dan Desa Ratenggaro dengan rumah adat nya yang unik?, Pulau Flores dengan Gunung Kelimutu yang memiliki tiga danau kawah berbeda warna di puncaknya?, atau Pulau Komodo yang menjadi habitat dari reptil atau binatang melata Komodo yang hampir punah kelangsungan hidupnya?



Komentar