Pekerjaan Rumah Tangga yang di sukai

Day 21

Pekerjaan Rumah Tangga apa yang disukai?
Jawabanya tidak ada (karena saya belum berumah tangga. lhoh?) hehehe


Dari sekian banyak kegiatan berjenis pekerjaan rumah, hal yang setiap hari saya lakukan mungkin hanya membereskan kamar pribadi saya sendiri saja setiap pagi sebelum berangkat untuk bekerja. Karena saya merasa tidak tega saja begitu untuk meninggalkan kamar dengan kondisi yang berantakan. (what a beautiful reason? Hahah)

Malah ketika jam di dinding di kamar sudah memberi tanda bahaya, yang artinya saya sudah terlambat pergi bekerja, saya akan tetap "memaksa" menyempatkan sedikit waktu untuk membereskan kamar terlebih dahulu, se-kenanya.


Pekerjaan sederhana yang benar-benar rumah tangga, seperti bersih-bersih rumah dan mencuci piring, misalnya, saya kerjakan ketika Ibuk saya sedang kerepotan atau saya yang bangun jauh lebih pagi 😅. Mencuci baju saya jadwalkan di hari jumat sore dengan asumsi (nggaya banget nyuci saja pakai asumsi. Haha) dihari tersebut adalah hari terakhir saya menggunakan 'pakaian kerja'. Sabtu-nya digunakan untuk menyetrika (setrika).

Sehingga di hari Minggu adalah waktu untuk "benar-benar" libur.


Selain manfaat mendapat hunian yang jauh lebih bersih dan nyaman, melakukan pekerjaan rumah pun memiliki beberapa manfaat penting seperti dikutip dari laman Merdeka.com

Mencuci Piring - Mengurangi Kecemasan.
Ketika memusatkan perhatian pada aroma sabun, suhu air, dan kemudian menyentuh piring, seseorang akan mengalami penurunan kecemasan atau kegelisahan hingga 27% - Departemen Psikologi, Florida State University.

Membersihakan Jendela - Memperbaiki suasana hati.
Seseorang yang menghabiskan waktu sedikitnya 10 menit untuk membersihkan kaca akan mengalami penurunan ketegangan, kecemasan, depresi, dan kebingungan secara siginifikan.

Menata Tempat Tidur - Meningkatkan produktivitas.
Dalam buku berjudul The Power of Habit dituliskan, bahwa membersihkan dan menata tempat tidur berhubungan erat dengan peningkatan produktivitas dan keterampilan.

Membersihkan Halaman - Menurunkan risiko serangan jantung.
Seseorang yang membersihkan halaman dan menyapu rumah berkurang risiko untuk terkena serangan jantung kardiovaskular sebanyak 30% dibandingkan dengan mereka yang jarang membersihkan rumah. karena pekerjaan ini menuntut tubuh untuk selalu bergerak.

Menata Lemari Dapur - Menurunkan berat badan.
Menurut Peter walsh, penulis Cut the Clutter mengatakan bahwa rumah yang kacau akan membuat orang rentan stres. dan salah satu dampaknya adalah mereka menjadi emotional eater dan membuat mereka berisiko tinggi untuk mengalamai kegemukan.

Menanam Bunga dan Sayuran - Penurunan depresi.
Teradi pelepasan dan metabolisme hormon serotonin di beberapa bagian otak yang mengendalikan fungsi kognitif dan mood di dalam tubuh mereka yang berkebun. sehingga kesehatan mental pun meningkat. - Christopher Lowry, Profesor di university of Colorado Boulder.
 


Komentar