Bijak berbelanja dengan Promo Belanja Online


Ramadhan Day 6

Memasuki dunia digitalisasi, banyak sekali aktivitas yang dimudahkan seiring dengan berkembangnya era teknologi tersebut. 
Salah satu contoh vokal nya adalah "Belanja Online", tidak perlu bersusah payah untuk keluar rumah, berputar-putar mencari barang yang diinginkan di store offline, pula diharuskan bersabar dengan antrian kassa yang mengular.

Berbelanja online sekejap menjadi hal yang populer ditambah dengan maraknya platform marketplace yang bermunculan sebagai perantara atau "penengah" antara penjual dan pembeli yang bertujuan untuk meminimalisir tindak penipuan dalam kegiatan jual beli melalui media daring atau online yang sebelumnya sudah jamak terjadi.

Saya pribadi, saya adalah salah satu orang yang juga sering menggunakan platform-platform tersebut untuk berbelanja, biasanya untuk membeli sebuah barang yang jarang ditemukan di store offline atau karena alasan lain seperti harga jual yang jauh lebih murah.

Persaingan ketat dalam mendapatkan pelanggan, membuat managemen marketplace berlomba-lomba memberikan promo belanja, terutama pada hari-hari besar tertentu seperti Promo Natal & Tahun Baru, Promo Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) ataupun promo yang segera akan kita hadapi sebagai sebuah "ujian" bersama (halah) yakni Promo Lebaran.

Promo seperti Diskon, Cashback, atau Gratis Ongkos Kirim yang diberikan membuat kita sering kali khilaf dan lupa diri (eh, ini mah saya 😅) dan dengan kalapnya membeli barang-barang yang sebetulnya tidak begitu kita butuhkan, jelas hal ini akan mengganggu porsi-porsi keuangan lain yang sebelumnya sudah kita tetapkan besaran pada setiap pos-nya.

Bagaimana agar dapat bijak dalam menggunakan promo Belanja Online tersebut?


Membuat Shopping List atau membuat Daftar Prioritas Belanja

Mari membiasakan diri menuliskan barang yang akan kita beli sebelumnya, hal ini akan meminimalisir untuk kita membeli barang yang tidak-tidak atau yang bersifat keinginan semata.
Dengan daftar tersebut kita pun bisa memilah kembali barang yang memang layak kita beli, terlebih jika budget yang dimiliki tidak dapat membeli keseluruhan barang yang ada dalam shopping list yang telah kita buat.


Install Aplikasi Marketplace ketika hendak berbelanja, setelahnya uninstall kembali.

Ketika perasaan bosan melanda, biasanya waktu luang yang kita miliki dihabiskan dengan bermain gadget dengan segudang aplikasi-aplikasinya yang menghibur, seperti sosial media, youtube ataupun aplikasi lain termasuk marketplace didalamnya.
Dan demi mencegah hasrat berbelanja yang tidak-tidak, rasanya meng-uninstall aplikasi marketplace yang ada bisa dijadikan salah satu solusi untuk tidak berbelanja diluar kebutuhan apalagi jika Promo Belanja bertebaran, kita dapat meng-Install aplikasi ketika hendak digunakan saja.




Semoga saja dua hal tersebut dapat membuat kita (saya terutama) lebih bijak lagi dalam berbelanja, baik itu Belanja online maupun offline.
Prioritaskan terlebih dahulu kebutuhan, dan belanjalah seperlunya.

 
Salam, #30HariKebaikanBPN #BloggerPerempuan

Komentar

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Posting Komentar