Langkah Tepat Menggunakan Panci Presto



Ramadhan Day 11

Sebelumnya, izinkan saya (halah) untuk curhat kembali.
Bagi saya yang miskin ilmu dalam dunia perdapuran (dalam segala hal juga sih 😅) rasanya agak "gimana gitu" ketika memberikan tips-tips atau resep untuk menggunakan alat-alat dapur yang digunakan untuk mengolah bahan masakan.

tapi karena tema yang dibuat oleh tim Blogger Perempuan pada hari ke sebelas ini tidak ada tema opsional, saya mencoba untuk mengikuti tema yang ada. lagi-lagi dengan bantuan ibuk yang sudah dapat dipastikan dan diyakini kemampuan masaknya yang begitu jauh lebih baik daripada anaknya yang "apalah" ini. 
Hehehe.


Apa itu panci presto?

Tupperware
bagi mbak dan dedek sekalian yang baru belajar masak seperti halnya saya, mungkin ada yang belum pernah mendengar alat dapur bernama panci presto, atau malah ada yang tidak tahu panci itu apa lagi? hehe.
Panci presto atau pressure cooker adalah panci bertekanan uap tinggi yang dapat mematangkan bahan masakan atau makanan setengah dari waktu yang dibutuhkan oleh panci biasa, sehingga memasak dirasa lebih mudah dan efisien.


Namun meski memiliki manfaat yang besar, panci presto ini pun memiliki kelemahannya tersendiri. terutama bila yang menggunakannya pemula, yang lagi-lagi seperti saya.
proses pematangan  yang singkat biasanya membuat bumbu belum cukup meresap dalam bahan masakan yang kita olah.
Atau jika tidak tepat mengatur waktu memasaknya, nutrisi yang terkandung dalam bahan masakan tersebut akan rusak atau hilang karena tekanan uap yang tinggi tadi.



Bagaimana langkah tepat menggunakan panci presto? 

BlueGaz
1. Setelah bahan masakan dimasukan, kemudian tutup panci presto dengan benar dan pastikan sampai rapat.
2. Nyalakan kompor dengan api besar dan tunggu sampai panci berdesis dan beban bergerak.
3. Setelah panci berdesis dan beban bergerak, segera kecilkan kompor dengan nyala api kecil sampai dengan waktu masak yang telah ditentukan sebelumnya.
4. Setelah selesai proses pematangan, jangan langsung membukanya, tunggu sampai katup yang ada dalam pegangan panci, turun.
5. Setel katup turun, panci baru dapat dan aman untuk dibuka.





#30HariKebaikan BPN #BloggerPerempuan

 

Komentar

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Posting Komentar