Waktu Sikat Gigi Terbaik Di Bulan Puasa


Ramadhan Day 9

Makan dan minum atau memasukkan sesuatu ke dalam tubuh (jauf) melalui tujuh lubang yang dimiliki manusia menjadi salah satu hal yang bisa membatalkan puasa. Namun, bagaimana jika menyikat gigi saat berpuasa? Apakah ini juga bisa membatalkan puasa?
Mengenai menyikat gigi, karena lupa setelah sahur belum sikat gigi atau karena merasa bau mulut tidak enak, seseorang tidak jarang akan menyikat gigi selama berpuasa. Namun bagaimana dengan hal ini, apakah diperbolehkan?


I Price

Melansir dari laman nu.or.id, Imam Nawawi dalam Majmu, syarah al-Muhadzdzab menjelaskan, "Jika ada orang yang memakai siwak basah, kemudian airnya pisah dari siwak yang ia gunakan, atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama. Demikian dijelaskan oleh al-Faurani dan lainnya. (Abi Zakriya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu’, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, juz 6, halaman 343)."


Dari penjelasan di atas kita bisa memahami bahwa menyikat gigi atau memakai siwak yang menyebabkan bulu sikat, bulu siwak, air bahkan pasta gigi tertelan baik secara disengaja maupun tidak, itu akan membatalkan puasa. Namun, jika saat sikat gigi air dan pasta gigi hanya sebatas di mulut kemudian diludahkan, ini tidak apa-apa.
Agar menyikat gigi tidak menjadi perkara yang membatalkan puasa, sebaiknya sikat gigi dilakukan selepas sahur sebelum imsyak. Kalau pun tetap ingin menggosok gigi saat berpuasa, sebaiknya gosok gigilah tanpa menggunakan pasta gigi atau cukup dengan menyikat gigi kemudian berkumur seperti kumur saat berwudhu.
Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankan.








Salam,
#30HariKebaikanBPN #BloggerPerempuan
Saat berpuasa, tak jarang kita merasakan aroma yang tidak sedap pada mulut. Hampir 13 jam tanpa makan dan minum, mulut kita pasti akan terasa berbeda. Meski dalam Islam bau mulut orang yang puasa nantinya seperti bau kesturi di surga, tetapi kebersihan gigi dan mulut tetap tak boleh dianggap remeh. Pentingnya menjaga kebersihan mulut dan gigi juga ditekankan oleh Rasulullah SAW, yang mencontohkan untuk bersiwak sebelum berwudu. Namun, sebenarnya apakah boleh kita menyikat gigi dalam keadaan puasa? Menurut Drg Madjidah Cholid yang membuka praktiknya di Kesambi, Kota Cirebon, hal itu diperbolehkan, tidak makruh, dan tidak membatalkan puasa. "Boleh memakai pasta gigi ketika berpuasa," kata Madjidah, saat ditemui ayobandung.com, Selasa (14/5/2019). AYO BACA : 5 Menu Buka Puasa yang Paling Diburu Urang Bandung Madjidah mengutip Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah 25/26 yang berbunyi, tidak mengapa (mubah) menggunakan pasta gigi bersama siwak karena bukan termasuk (perbuatan) makan dan minum. Menjaga kesehatan gigi dan mulut, salah satunya dengan menyikat gigi, juga akan menghindarkan kita dari kemungkinan sakit gigi. Tentunya kita tidak mau merasakan sakit gigi selama Ramadan kan? "Selain rajin menyikat gigi, jangan lupa cek ke dokter gigi setiap enam bulan sekali," tambah dia. AYO BACA : Batasi Asupan Kalori Saat Puasa Mampu Cegah Penyakit Otak Madjidah juga menjelaskan bagaimana hukumnya jika kita memeriksakan gigi ke dokter gigi saat sedang berpuasa. "Ada yang sudah lama tidak pernah berkunjung ke klinik gigi sampai giginya berlubang dan sudah terasa nyeri," katanya. "Sang pasien khawatir, menunda pengecekan ke dokter akan menambah sakitnya gigi dan memperparah kondisi mulut dengan pembengkakan. Di sisi lain, rawatan gigi dicemaskan akan membuat ibadah puasanya batal. Padahal, sakit gigi yang diderita telah mengganggu puasa sang pasien," tutur Madjidah. Ia kemudian menyebutkan, berdasarkan fatwa MUI Kota Bandung pada 7 Mei 2018, hal-hal yang boleh dilakukan saat puasa adalah sebagai berikut: Rawatan pencabutan/ekstraksi gigi, baik dengan penggunakan gel yang dioles ataupun dengan suntikan; Rawatan scalling/pembersihan karang gigi; Rawatan penambalan gigi. Selain menyikat gigi dengan bersih, Madjidah menyarankan agar kita banyak meminum air putih dan mengonsumsi buah. Bila perlu, obat kumur pun dapat kita gunakan. Kurangi manis dalam minuman. Lebihkan manis dalam senyuman karena senyum kan sedekah," ungkapnya.

---------
Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul Bolehkah Menyikat Gigi Saat Puasa?, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/05/14/52328/bolehkah-menyikat-gigi-saat-puasa

Penulis: Erika Lia
Editor : Fira Nursyabani

Komentar

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Posting Komentar