Doa dan Harapan


Ramadhan Day 29

Muhasabah

Sedikit curhat..
Satu minggu sebelum bulan Ramadhan tiba, mendadak saya ingin berpelesir ke Pantai..
Selain karena butuh piknik, saya pun merasa saya harus Muhasabah Diri, introspeksi diri.
Merenung atas hal-hal yang sudah, belum atau akan dilakukan.
Berbekal buku Muhasabah Diri (Ceileh) saya pun berangkat.. 

Buku Pinjaman dari Pusda. Hehe

Ada salah satu pemahaman baru (bagi saya) yang menarik dalam buku tersebut untuk kemudian dipraktikan, Isinya kurang lebih begini :

"Peningkatan capaian amalan atau kebaikan dari bulan Ramadhan lalu ke Ramadhan yang akan datang itu tidak dapat sekedar dinilai dari perkiraan saja, melainkan dibutuhkan catatan yang aktual"
Dibuku tersebut kita dituntun untuk membuat sebuah bagan yang berisi amalan wajib maupun sunah yang akan di isi selama Ramadhan atau pula bulan-bulan setelah Ramadhan. Catatan tersebut-lah yang akan digunakan sebagai "penilaian" apakah amalan kita selama ini berkembang, atau malah justru semakin berkurang.

Catatan tersebut tidak hanya dimaksudkan untuk seremonial semata, setiap data yang dihasilkan akan menjadi pedoman untuk kita melakukan perbaikan.
Tentunya amalan-amalan tersebut harus dilakukan berdasarkan niat ikhlas untuk beribadah kepada Allah Swt, bukan sekedar melengkapi catatan.





Do'a & Harapan

Rumaysho
Istiqomah

Semoga, sebelas bulan yang akan datang, kita semua diberi kekuatan dan keistiqomahan untuk dapat mengamalkan ibadah dan nilai-nilai kebaikan seperti apa yang sudah kita lakukan selama Bulan Ramadhan.
Karena keberkahan Ramadhan adalah ketika kita tetap dapat terus menjalani rutinitas ibadah selama Ramadhan di bulan-bulan setelah Ramadhan.


Bertemu Ramadhan Selanjutnya
Semoga, Kita pun diberi-Nya kesempatan untuk dapat bertemu kembali dengan Ramadhan yang akan datang dengan persiapan yang lebih optimal.
Catatan amalan yang sudah kita lengkapi pada Ramadhan kali ini yang kemudian kita evaluasi, dapat dijadikan bekal perbaikan untuk menghadapi Ramadhan yang akan datang.



Diberi Ampunan & Diterima Amalan 

Ditengah keterbatasan kita sebagai Manusia yang membuat kita mungkin telah banyak berbuat khilaf dan dosa, Kita tentu sangat mengharapkan ampunan dari-Nya.
Pula berharap atas amalan-amalan yang telah ikhlas kita lakukan, pun diterima oleh-Nya.







Taqabbalallah minnaa wa minkum
Salam,


#30HariKebaikanBPN #BloggerPerempuan

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Amiin, semoga kita selalu diberi kesehatan dan umur yang panjang supaya bisa bertemu dengan ramadhan selanjutnya..

    BalasHapus

Posting Komentar