Menyambut Idul Fitri 1440 H


Ramadhan Day 30


Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri atau lebaran, berbagai persiapan mulai dilakukan oleh umat Islam. Mulai dari membereskan dan membersihkan rumah, membeli busana baru, hingga mengemas baju dan barang-barang untuk mudik.

Hari raya tersebut juga menimbulkan banyak hal di pikiran kita. Ada yang senang lantaran mau pulang ke kampung halaman, tak sabar menunggu THR, membeli pakaian baru, dan sebagainya. Tapi satu yang pasti, bahwa Hari Raya Idul Fitri adalah perayaan hari besar bagi umat Muslim di seluruh dunia.


Tak mengherankan jika banyak persiapan yang justru terlupakan jelang menyambut hari lebaran. Mencatat persiapan lebaran dari jauh-jauh hari bisa meminimalkan persiapan yang terlupakan.


Zakat

Rumah Zakat

Zakat merupakan suatu kewajiban bagi umat islam. Sebaiknya pos zakat kamudan keluarga sudah disiapkan sebelum lebaran tiba. Alokasikan hitungan pos dana untuk zakat amal, zakat profesi dan tentu saja zakat fitrah yang merupakan kewajiban.

Lakukan hitungan setidaknya seminggu sebelum lebaran tiba, hitungan berapa persen dari keuangan kamu yang mau dialokasikan untuk zakat. Usahakan mencatatkan pengeluaran Anda sebaik mungkin agar hal ini tidak terlupa.

Pakaian Baru

Majelis Anak Indonesia
Sudah menjadi tradisi di Indonesia untuk membeli baju baru ketika merayakan Lebaran. Itulah sebabnya banyak pusat perbelanjaan memberikan diskon besar dan promo mulai dari baju, celana, sepatu, dan juga aksesoris. Memang patut diakui bahwa tawaran-tawaran tersebut cukup menggiurkan, namun jangan sampai kamu mengeluarkan uang terlalu berlebihan hanya untuk pakaian baru.

Khusus untuk perlengkapan ibadah yang sudah usang, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Tak harus membeli perlengkapan ibadah yang mahal. Banyak sekali tempat jual mukena murah yang bisa diakses secara offline atau online.


Mudik

 
Tempo

Mudik menjadi kegiatan khas yang dilakukan saat lebaran tiba. Selain senang bertemu keluarga dan sanak saudara jauh, ketika mudik finansial menjadi hal yang juga harus dipertimbangkan. Mulai dari biaya transportasi, makan, oleh-oleh selama mudik. Faktanya mudik membuat pengeluaran meningkat tajam apalagi harga transportasi mudik yang naik.

Lakukan simulasi hitungan biaya apabila kamu mudik menggunakan mobil pribadi, catat pengeluaran untuk biaya bensin. Apabila kamu memilih transportasi umum (pesawat, kereta api atau bus)  carilah promo tiket dari jauh hari agar murah atau kamu bisa mengkombinasikan transportasi umum kamu dan memilih yang termurah agar pengeluaran kamu bisa dihemat.



Bingkisan untuk Tetangga

Pong Cheese

Memberikan bingkisan kepada para tetangga sebaiknya dilakukan. Mengingat momen lebaran yang terjadi setahun sekali ini sangat sayang jika tidak digunakan untuk ajang sodaqoh kepada tetangga.

Meskipun berencana mudik, bingkisan bisa disiapkan beberapa waktu sebelum hari lebaran tiba. Bahkan kita bisa memberikan bingkisan tersebut seminggu sebelum lebaran. Memberikan bingkisan lebih awal juga menjadi antisipasi sebelum para tetangga terlanjur mudik dan meninggalkan rumahnya untuk waktu yang lama.

 

Membersihkan dan Menghias Rumah

Cleo
Nah, ini khusus bagi yang tidak mudik. Untuk kamu yang berencana akan menggelar open house di rumah, tentunya segala sesuatu harus dipersiapkan lebih dulu. Yang paling utama adalah membereskan rumah agar nyaman saat dikunjungi banyak orang. Serta tidak lupa untuk menghiasinya dengan berbagai atribut rumah dan warna-warni kue yang menarik untuk disantap.




Salam,
#30HariKebaikanBPN #BloggerPerempuan

Komentar