Mengisi Waktu Selama Ramadhan


 
Ramadhan Day 26

 
Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Bulan ini menjadi bulan yang paling tepat untuk mendapatkan banyak pahala. Karena di bulan ini Allah akan melipatgandakan pahala orang-orang yang beramal sholeh. Karena itulah, sangat sayang jika bulan Ramadhan dilewatkan dengan cara bermalas-malasan.
Namun, saat puasa, tubuh biasanya akan lemas sehingga malas melakukan hal apapun. Di saat seperti ini, kamu harus punya cara cerdas agar tetap ceria dan memiliki kegiatan positif selama Ramadhan. Nah, bagi kamu yang bingung bagaimana cara menciptakan kegiatan positif selama Ramadhan, berikut beberapa kegiatan yang dapat digunakan untuk mengisi waktu saat Ramadhan agar puasa lebih bermakna.


Membaca buku

Hipwee
Selain menonton televisi atau bermain game, akan lebih bermanfaat jika quality time untuk membaca buku islami. Tak perlu membaca buku dengan tema terlalu berat, untuk menambah kegiatan Ramadhan saja.
Tentunya membaca buku juga bernilai positif karena menambah wawasanmu.



Berzikir dan Tilawah Alquran

Alfahmu
Secara bahasa zikir memiliki arti "menyebut", "mengingat" atau "berdoa", kata zikir juga berarti memori, pengajian. Dalam bahasa agama Islam zikir sering didefinisikan dengan menyebut atau mengingat Allah dengan lisan melalui kalimat-kalimat thayyibah.
Nah, selain berzikir kita pun bisa menunggu waktu berbuka dengan tilawah Al Qur'an yaitu kegiatan membaca Al Quran dengan baik dan benar sesuai dengan aturan dan kaidah yang ada.
Waktu luang yang digunakan untuk Zikir dan Tilawah Al Qur'an akan sangat bermanfaat, dan tentunya menambah nilai pahala.



Bersedekah

Dompet Dhuafa
Daripada hanya bersantai, lebih baik melakukan kegiatan positif sambil menunggu waktu berbuka. Salah satunya adalah belajar membantu menolong sesama dengan mengunjungi panti asuhan untuk bersedekah. Tidak hanya uang, kamu juga dapat memilih baju layak pakai untuk disumbangkan.


Menyiapkan buka puasa 

 
Rumaysho

Kegiatan Ramadhan lain yang mungkin bisa kamu lakukan adalah menyiapkan menu berbuka. Tidak hanya menu untuk berbuka keluarga, kamu  juga dapat membuat menu untuk dibagikan kepada kaum dhuafa. Selain menyenangkan, menyiapkan menu berbuka juga bisa membuat perasaan lebih bersemangat menjalankan puasanya.
Nah, sekarang kamu bisa melewati Ramadhan dengan semakin bermakna, bukan?






Salam,
#30HariKebaikanBPN #BloggerPerempuan

Komentar